Sunday 28 April 2013

Apa itu Strategi dan Mengapa Strategi Penting?


Apa itu Manajemen Strategis?
Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya.

Saat seperti apa perusahaan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan?
Bila perusahaan menarik sejumlah pembeli yang lebih memilih produk atau jasa perusahaan tersebut melebihi dari penawaran kompetitor perusahaan dan pada saat dasar preferensi ini tahan lama.

Apa saja pendekatan strategis yang sering digunakan dan diandalkan untuk menetapkan perusahaan berjalan terpisah dari pesaing, membangun loyalitas pelanggan yang kuat, dan memenangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan?
  1. Berusaha untuk menjadi penyedia industri rendah biaya;
  2. menciptakan keunggulan diferensiasi berbasis ‘semangat’ dalam fitur - fitur;
  3. berfokus pada melayani kebutuhan khusus dan sesuai selera pembeli meliputi pasar yang sempit;
  4. mengembangkan keahlian dan kekuatan sumber daya.

Apa yang membuat strategi perusahaan berkembang terus menerus?
Agar strategi perusahaan bisa berkembang terus menerus, maka perusahaan mengubah keadaan dan upaya pengelolaan berkelanjutan untuk meningkatkan strategi. Suatu kondisi menyusun strategi proses, bukan peristiwa satu kali.

 Apa yang membuat strategi yang digunakan menang?
Strategi pemenang harus sesuai situasi perusahaan eksternal dan internal, membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, dan meningkatkan kinerja perusahaan.

 Mengapa menyusun dan menjalankan strategi penting?
Pertama, ada kebutuhan mendesak bagi manajer untuk secara proaktif membentuk, atau menyusun, bagaimana bisnis perusahaan akan dilakukan. Kedua, sebuah perusahaan yang berfokus strategi lebih cenderung menjadi pemain bottom-line yang kuat daripada perusahaan yang tim manajemennya tidak mengambil strategi seperti itu sehingga menimbulkan tanggung jawab yang serius.

No comments:

Post a Comment