Wednesday 17 April 2013

Strategi Persaingan Kompetitif


Strategi Pemimpin Pasar
Banyak industri memiliki satu perusahaan yang diakui sebagai pemimpin pasar. Perusahaan ini memiliki pangsa pasar terbesar dalam pasar produk tersebut, dan umumnya memimpn perusahaan lain dalam perubahan harga, pengenalan produk baru, jangkauan distribusi, dan ntenstas promosi.

Kecuali mendapatkan monopoli legal, perusahaan ang dominan belum tentu hidupnya mudah. Mreka harus terus menerus memperhatikan kondisi sekitar. Invasi produk akan muncul dan merugikan pemimpin pasar. Pemimpin mungkin terlalu konsevatif dalam melakukan pengeluaran, sedangkan penantang melakukan pengeluaran secara lebih leluasa. Pemimpin mungkin salah menilai pesaing, dan mendapati dirinya tertinggal di belakang. Mungkin pemimpin sudah terlihat kuno diandng rival yang baru dan lebih hidup. Biaya yang dikeluarkan perusahaan yang dominan mungkin naik secara berlebihan dan merusak keuntungan.
 
Secara umum, pemimpin pasar harus mencari pemakai baru, cara pemakaian baru, dan lebh banyak pemakaian untuk produknya.

Pemakai Baru
Setiap kelas produk memiliki potensi untuk menarik pembeli yang belum mengetahui tentang produk atau ang menghindari karena harga atau tidak adanya kelengkapan tertentu.

 
Pengguna Baru
Pasar bisa diperluas dengan menemukan dan mempromosikan pengguna baru dari suatu produk. Dalam banyak kejadian, pelanggan berhak mendapat pengakuan untuk menemukan pengguna baru.

Pengguna Lebih Banyak
Strategi ekspansi pasaryang ketiga dengan meyakinkan orang untuk mempergunakan lebih banyak produk untuk setiap kali penggunaan. 

 
Mempertahankan Pangsa Pasar
Saat berusaha memperluas ukuran pasar total, perusahaan yang dominan harus terus menerus mempertahankan bisnisnya. Respons yang paling konstruktif adalah inovasi terus menerus.

 
Strategi Bertahan
Pertahanan Posisi.
Pertahanan posisi dilakukan dengan membangun merek yang lebih unggul, membuat merek itu tidak mungkin ditembu

No comments:

Post a Comment